Unsur-unsur pembangun manusia

feromon-manusiaUnsur-unsur pembangun manusia

Terdapat 2 unsur dari pembangun manusia yang dapat dijadikan acuan, jika dilihat dari sudut pandangnya unsur-unsur pembangun manusia yaitu

A.Jasad: yaitu bentuk kasar dari manusia yang dapat dilihat dan menempati suatu ruang dan waktu

B.Hayat: Mengandung unsur hidup yang ditandai dengan gerak

C.Roh: yaitu bimbingan dan pimpinan tuhan yang bekerja secara spiritual sesuai dengan keyakinannya masing-masing

D.Nafas: sesuatu hal yang selalu akan dilakukan manusia secra tanpa disadari

Dari keempat unsur tersebut terdapat 3 macam atau 3 unsur yang ada di dalam diri manusia yaitu

A.ID: Merupakan struktur dari data diri manusia menyangkut gender,data keluarga dan lain-lain

B.Ego: merupakan bagian atau struktur bagian dari ID berperan menghubungkan energi yang diberikan oleh iD biasanya berkembang di umur 1 atau 2 tahun.

C.Superego: pembentuk kepribadian di posisi paling akhir, biasanya muncur di antara usia 5 tahun, superego terbentuk karena lingkungan eksternal

Hakekat Manusia

A.Makhluk hidup yang memiliki tenaga digunakan untuk menggerakkan hidupnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

B.Individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intelektual maupun sosial

C.Makhluk tuhan yang berarti ia adalah makhluk yang dapat mengandung niat baik atau jahat

D.Sebagai makhluk hidup yang diciptakan paling sempurna dari makhluk lainnya

Manusia adalah makhluk hidup paling sempurna diantara makhluk hidup lainnya, berikut yang tidak dimiliki oleh makhluk hidup lainnya yaitu:

A.Memiliki akal pikiran
B.Memiliki keinginan dan tekad
C.Memiliki perasaan
D.Memiliki kehendak

Kepribadian Bangsa Timur

Kepribadian bangsa timur dapat diartikan sebagai suatu sikap yang dimiliki oleh suatu negara yang didominasi oleh negara asia termasuk indonesia yang memiliki sifat gotong royong dan toleransi yang tinggi dibanding budaya barat, selain itu kepribadian di bangsa indonesia lebih terbuka dibanding dengan negara lain dan kebanyakan masyarakatnya lebih agamis, bangsa timur lebih identik dengan warna rambutnya yang hitam warna kulit sawo matang, dari cara berpakaian orang timur lebih sopan daripada bangsa barat yang cenderung terbuka, namun pada zaman sekarang ini orang timur justru malah ikut-ikut seperti budaya barat yang sebenarnya tidak cocok dengan budaya maupun adat istiadat di bangsa ini sendiri selain tidak sopan dan berkesan kebarat-baratan.

kita tidak bisa mengatakan jika budaya bangsa timur lebih baik daripada yang lain, semua budaya itu baik namun jangan kita terlalu ikut budaya barat karena kita orang asia adalah budaya timur.

Pengertian kebudayaan
Kata kebudayaan berasal dari kata buddh atau budhi dalam bahasa sanksekerta budhaya yang artinya akal, sehinngga kebudayaan berarti hasil pemikiran akal manusia, ada yang berkata budaya berasal dari kata budi dan daya, budi artinya akal yang merupakan unsur rohani dan kebudayaan, sedangkan daya berarti perbuatan atau ikhtiar sebagai unsur jasmani sehingga kebudayaan diartikan sebagai hasil dari akal dan ikhtiar manusia.
berikut adalah pengertian kebudayaan menurut pakar

A. E.B Tylor, menyatakan bahwa kebudayaan adalah keseluruhan yang kompleks yang didalamnya meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, kesusilaan, adapt istiadat, serta kesanggupan dan kebiasaan lainnya yang mempelajari oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

B. R.Linton, menyatakan bahwa kebudayaan adalah merupakan konfigurasi dari tingkah laku yang dipelajari dan hasil dari tingkah laku itu yang unsur-unsur pembentuknya didukung dan diteruskan oleh anggota dari masyarakat tertentu.

C. Herkovits, menytakan bahwa kebudayaan adalah bagian dari lingkungan hidup yang diciptakan oleh manusia.

D. Krober dan Kluckhohn, menyatakan bahwa kebudayaan adalah pola, eksplisit dan implicit, tentang untuik perilaku yang dipelajari dan diwariskan melalui simbol-simbol, yang merupakan prestasi khas manusia, termasuk perwujudannya dalam benda-benda budaya.

E. Ki Hajar Dewantara, menyatakan bahwa kebudayaan adalah buah dari manusia, yang merupakan hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, alam danh jaman (kodrat dan masyarakat) yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran di alam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya besipat tertib dan damai.

F. Soedjatmoko, mengemukakan kebudayaan adalah penjelmaan manusia dalam penghadapannya dengan lingkungan alam dan sosialnya dengan ruang dimana ia hidup dan dalam penghadapannya dengan waktu, peluang dan pilihan, kesinambungan dan perubahan, serta sejarah (Soedjatmoko 1985)

G. Koentjaraningrat, menyatakan bahwa kebudayaan adalah keseluruhan gagasan dan karya manusia yang harus dibiasakanya dengan belajar serta keseluruhan dari hasil budi pekertinya (Supartono, 2001; Keesing, 1992).

Definisi menurut pakar diatas sepertinya telah didefinisikan menurut realita kebudayaan saat ini.

Unsur-unsur kebudayaan

Unsur kebudayaan secara garis besar dapat didefinisikan sebagai hasil cipta, rasa dan karsa manusia yang dilakukan sedara sadar dalam berkehidupan masyarakat.

Cipta: adalah kemampuan manusia dalam hal akal pikiran yang dapat menghasilkan ide, maupun ilmu pengetahuan

Rasa: adalah kemampuan indra yang dimiliki manusia yang digunakan untuk mengembangkan rasa keindahan yang dapat menghasilkan karya seni yang indah.

Karsa: adalah kehendak manusia karena adanya kesempurnaan dalam hidup, kemuliaan dan kebahagiaan

Unsur-unsur yang ada di dalam kebudayan adalah

A. Unsur kesenian
B. Unsur ilmu
C. Unsur agama dan kepercayaan
D. Unsur bahasa
E. Unsur sistem kemasyarakatan
F. Unsur peralatan dan perlengkapan hidup
G. Unsur sistem kemasyarakatan

Wujud kebudayaan

Wujud kebudayaan menurut dimensi adalah, menurut J.J. Hoenigman, wujud kebudayaan dibedakan menjadi 3 yaitu gagasan,aktifitas dan artefak.

A.Gagasan ( Wujud ideal )
Wujud ideal kebudayaan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide serta gagasan dan sebagaimana yang bersifat abstrak, tidak dapat diraba atau disentuh. wujud kebudayaan ini terletak dalam kepala-kepala atau pemikiran warga masyarakat.

B.Aktifitas ( Tindakan )
Aktifitas adalah wujud dari kebudayaan dari suatu tindakan berpola dalam masyarakat. Wujud ini disebut sistem sosial. Sistem sosial ini terdiri dari aktifitas-aktifitas manusia yang saling berinteraksi, mengadakan kontak,serta bergaul dengan manusia lainnya yang berdasarkan adat tata dan kelakuan. Sifatnya konkret,terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat diamati dan didokumentasikan.

C.Artefak ( karya )
Artefak adalah wujud dari kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktifitas,perbuatan,dan karya semua manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat dirasakan,dilihat dan dapat didokumentasikan dan bersifat paling kongkret.

Selain dari diatas ada 3 point dari wujud kebudayaan yaitu:
-Kompleks gagasan
-Kompleks aktifitas
-Wujud sebagai benda

Orientasi nilai budaya

Kebudayaan adalah keseluruhan pengetahuan yang dimiliki secara bersama oleh warga suatu masyarakat, terdapat banyak nilai kehidupan yang ditanamkan oleh setiap budaya yang ada,nilai kebudayaan pasti berbeda-beda, jika dilihat dari lima dasar dalam hidup manusia, orientasi-orientasi nilai nilai budaya hampir serupa.

Ada lima masalah dasar dalam hidup yang menentukan orientasi nilai budaya manusia ( kerangka kluckhohn )

A.Hakekat hidup
-Hidup itu buruk
-Hidup itu baik
-Hidup bisa buruk dan baik tapi manusia harus berusaha dan berikhtiar agar hidup bisa menjadi baik
-Hidup adalah pasrah kepada nasib yang telah ditentukan

B.Hakekat karya
-Karya itu untuk menafkahi hidup
-Karya itu untuk kehormatan

C.Persepsi manusia tentang waktu
-Berorientasi hanya kepada masa kini
-Orientasi masa lalu
-Orientasi masa depan

D.Pandangan terhadap alam
-Manusia tunduk kepada alam yang dashyat
-Manusia berusaha menjaga keselarasan dengan alam
-Manusia berusaha menguasai alam

E.Hubungan manusia dengan manusia
-Orientasi kolateral ( horizontal )
-Orientasi vertikal
-Individualisme

Perubahan kebudayaan
Pengertian perubahan kebudayaan adalah suatu keadaan dalam masyarakat yang terjadi karena ketidak sesuaian diantara unsur-unsur kebudayaan yang saling berbeda sehingga tercapai keadaan yang tidak serasi fungsinya bagi kehidupan.
Semua terjadi karena adanya salah satu atau beberapa unsur budaya yang tidak berfungsi lagi, sehingga menimbulkan gangguan keseimbangan didalam masyarakat. Perubahan dalam kebudayaan mencakup semua bagian yaitu : kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi dan filsafat bahkan perubahan dalam bentuk juga aturan-aturan organisasi social. Perubahan kebudayaan akan berjalan terus-menerus tergantung dari dinamika masyarakatnya.

Kaitan manusia dan kebudayaan
Manusia dan kebudayaan merupakan dua hal yang sangat erat berkaitan satu sama lain. Dalam ilmu sosial manusia merupakan makhluk yang ingin memperoleh keuntungan atau selalu memperhitungkan setiap kegiatan sering disebut homo economicus (ilmu ekonomi). Menurut sistem dialektika ini berbentuk tripleks atau triadik. Kedua, dialektika ini bersifat ontologis sebagai sebuah konsep terdapat tiga proses akan dialektika Hegel yaitu.

Proses dialektis ini tercipta melalui tiga tahap yaitu :

1. Ekstemalisasi, yaitu proses dimana manusia mengekspresikan dirinya dengan membangun dunianya. Melalui ekstemalisasi ini masyarakat menjadi kenyataan buatan manusia
2. Obyektivasi, yaitu proses dimana masyarakat menjadi realitas obyektif, yaitu suatu kenyataan yang terpisah dari manusia dan berhadapan dengan manusia. Dengan demikian masyarakat dengan segala pranata sosialnya akan mempengaruhi bahkan membentuk perilaku manusia.
3. Intemalisasi, yaitu proses dimana masyarakat disergap kembali oleh manusia. Maksudnya bahwa manusia mempelajari kembali masyarakamya sendiri agar dia dapat hidup dengan baik, sehingga manusia menjadi kenyataan yang dibentuk oleh masyarakat.

sumber:
http://gunturmp11.blogspot.com/2013/03/manusia-dan-kebudayaan.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: